Tuesday, November 25, 2008

AWAS PARKIR SAAT HUJAN

Buat bikers yang doyan parkir motor di tempat terbuka mesti waspada. Apalagi jika dalam jangka waktu lama. Karena air hujan disertai angin kencang berisiko bikin motor ngadat. Baik itu tipe skubek, sport maupun bebek. “Bagian di sela bodi bisa ditembus,” kata Bedjo, Kepala Mekanik Jakarta Honda Center (JHC).


Kalaupun nggak mogok, beberapa komponen bisa jadi ngadat. Misal klakson yang tiba-tiba nggak berbunyi lagi. “Maklum saja semburan deras tadi bisa merusak atau air ngendap dan berkarat membuat switch klakson tertahan dan macet,” cerita pria jangkung ini.
Posisi parkir juga disarankan dalam standar ganda. “Sebab kalau standar samping posisi motor kan miring jadi ada bagian yang rendah dan itu bisa bikin air berkumpul atau menumpuk,” lanjut pria ramah ini.
Kemungkinan tumpukan bisa terjadi di tipe bebek dan skubek yang punya cover bodi lebih banyak. “Bahkan air hujan bisa juga menyeran karbu. Jika dalam waktu lama atau karena tekanan tinggi bisa juga bikin motor mogok akibat air tercampur bahan bakar,” tegas pria bermarkas di Jl. Dewi Sartika, Jakarta Timur ini.

Di Kutip dari Otomotifnet.com

No comments: