Sunday, October 19, 2008

Kondisi Busi..

Ada lagi nih info penting buat FU rider yang masih bingung kondisi busi.

motor yang baik dapat dilihat dari kondisi busi nya, apakah boros, kekeringan, atau dalam pembakaran sempurna. nah biar ga bingung lagi liat aja itu kondisi busi langsung.

1. Busi Overheat
Busi yang overheat akan kehilangan berglasir atau keliatan berpasir putih halus. Overheat disebabkan antara lain oleh panas yang terlalu tinggi dibanding tingkat kompresinya, saluran pembuangan (knalpot, muffler/silencer) yang kurang lancar, waktu pengapian tidak tepat (terlalu cepat) atau pendinginan mesin kurang memadai. settingan terlampau kering bgt, Coba ganti mainjetnya yang lebih besar dari ukuran yg sebelumnya

2. Busi Berkerak
Busi berkerak menunjukkan kurangnya kompresi yang menyebabkan sisa-sisa pembakaran menumpuk di kepala busi. Bisa disebabkan antara lain karena bahan bakar kurang bersih atau terlalu banyak timbal (lead). Ini bisa menyebabkan busi memanas hingga bisa terjadi pembakaran sebelum busi memercikan api.

3. Busi Baik (optimal)
Kondisi busi yang baik, dengan campuran dan waktu pengapian yang tepat, pembakaran sempurna (efisien) dan suhu yang tepat. Umumnya berwarna kemerah-merahan menyerupai warna batubata pada centre electrode. Pilotjet dan Mainjetnya tepat begitu pula settingannya.

4. Busi Berkerak dan Berminyak
Kerak yang berminyak menunjukkan masalah serius pada sirkulasi oli. Mungkin pada ring piston atau dudukan atau karet pada klep yang sdh aus dan harus segera diganti. Lapisan kerak yang berminyak ini konduktif dan bisa menyebabkan pengapian yang tidak tepat.


5. Busi Aus
Busi yang sudah aus atau sudah seharusnya diganti mulai bekerja tidak efisien dan mulai terlapisi oleh campuran bahan bakar dan sisa-sisa pembakaran, menyebabkan efisiensi busi berkurang dan gap kepala busi yang membesar membebani sistem pengapian secara berlebihan.

6. Busi Dengan Campuran Kaya
Campuran terlalu kaya (banyak bensin, sedikit udara) ditunjukkan oleh lapisan bubuk hitam,menandakan kondisi busi mungkin OK, hanya campurannya yang terlalu kaya. Periksa kembali seting karburator. Bisa juga spuyernya dikecilin lagi ukurannya dari sebelumnya.

nah dari ke enam kondisi busi diatas kira-kira busi di motor qt gmana ya?? kalau tidak merah bata, coba di setting ulang. sehingga membuat motor kita lebih optimal tentunya.

sebagai tambahan mas andryana juga memberikan gambaran mengenai bagian busi itu tadi. jadi kita tahu struktur tentan busi.

yup info yang sangat membantu

Disadur dari:
http://www.e-dukasi.net

No comments: